RPP KLS 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ___________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 1. Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar : 1.1 Membaca QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat membaca Surah Al Qadr dan Al Alaq ayat 1-5 dengan
harakat dan makhraj yang benar
- Siswa dapat menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Qadr dan Al
‘Alaq ayat 1-5 dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
dengan harakat dan makhraj yang benar
- Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya
membahas hukum bacaan yang ada pada Surah Al Qadr dan Al
‘Alaq ayat 1-5
- Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- 1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
- 2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa Sugi Dan Siswa lainnya membaca Surah Al Qadr dan Al Al ‘Alaq ayat 1-5, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
F Siswa membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar mangikuti bacaan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang-ulang membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
F Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
F Siswa membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq dengan menerapkan hukum bacaan yang benar
F Siswa menampilkan kemampuan membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat, makhraj, dan hukum bacaan yang benar di depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang hukum bacaan yang ada pada surah yang telah dipelajari
F Siswa diminta menulis Surah Al Qadr dan Al ’Alaq ayat 1-5 di buku tugas
Alat/Sumber Belajar:
- Teks lafal Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 di karton
- Buku Tajwid
- Buku Pendidikan Agama Islam
- Kaset/CD Alquran
- Alquran (juz Amma)
- Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes lisan Tes lisan |
Pelafalan Pelafalan |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 1. Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar : 1.2 Mengartikan QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
Alokasi Waktu : 6×35 menit (2x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat mengartikan Surah Al Qadr
2. Siswa dapat mengartikan Surah Al ‘Alaq ayat 1-5
3. Siswa dapat menerapkan arti/isi kandungan Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih mengartikan Surah Al Qadr
2. Siswa berlatih mengartikan Surah Al ‘Alaq ayat 1-5
3. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas arti/isi kandungan Surah Al qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Menyampaikan pengantar dari materi yang disampaikan melalui kisah dalam Sepenggal Kisah
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian yang disampaikan oleh guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa diperkenalkan arti kata per kata dan per ayat Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
F Siswa mengartikan Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menampilkan kemampuan mengartikan Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
F Siswa mengemukakan pendapat tentang arti/isi pokok Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
F Siswa menghafal Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa diminta menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman, dan menulisnya di buku tugas
Alat/Sumber belajar:
- Teks lafal Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 beserta artinya di karton
- Buku Tajwid
- Buku Pendidikan Agama Islam.
- Kaset/CD Alquran
- Alquran (juz Amma)
- Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes lisan Tes lisan Tes tulis |
Pemaknaan Pemaknaan Essay |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 2. Meyakini adanya hari akhir
Kompetensi Dasar : 2.1 Menyebutkan nama-nama hari akhir
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian hari akhir
2. Siswa dapat menyebutkan nama-nama hari akhir
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Iman kepada hari akhir
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas
pengertian hari akhir
2. Siswa berlatih menyebutkan nama-nama hari akhir
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan kepada seputar pengetahuan siswa tentang hari akhir
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa mengemukakan pendapat tentang definisi hari akhir
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diperkenalkan tentang materi nama-nama hari akhir
F Siswa menyebutkan nama-nama hari akhir secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menghafal nama-nama hari akhir
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya Jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang materi yang telah disampaikan
F Guru membacakan kesimpulan ringkas dari materi yang disampaikan
Alat/Sumber belajar:
- Tulisan nama-nama hari akhir
- Buku pendidikan agama Islam.
- Kaset/CD tentang hari akhir
- Alquran (juz Amma)
- Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis |
Essay Jawaban singkat |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 2. Meyakini adanya hari akhir
Kompetensi Dasar : 2.2 Menjelaskan tanda-tanda hari akhir
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1.Siswa dapat menjelaskan tanda-tanda hari akhir
2.Siswa dapat menyebutkan contoh kejadian hari akhir
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Iman kepada hari akhir.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas tanda-tanda hari akhir
2. Siswa berlatih menyebutkan contoh kejadian hari akhir
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang disampaikan
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar materi sebelumnya yang telah disampaikan
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti.
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa mengemukakan pendapat tentang definisi hari akhir
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membedakan pengertian kiamat sugra dan kiamat kubra
F Siswa membandingkan keadaan saat ini dengan tanda-tanda hari akhir
F Siswa menyebutkan contoh kejadian hari akhir
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa diminta menyimak dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman , dan menulisnya di buku tugas
Alat/Sumber belajar:
- Gambar peraga tentang gambaran suasana hari akhir
- Buku pendidikan agama Islam.
- Kaset/CD tentang hari akhir
- Alquran (juz Amma)
- Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis |
Essay Jawaban singkat |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 3. Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al Kazzab
Kompetensi Dasar : 3.1 Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
Alokasi Waktu : 6×35 menit (2x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1.Siswa dapat menjelaskan kekejaman Abu Lahab dan istrinya terhadap Nabi Muhammad SAW
2. Siswa dapat menjelaskan kejahatan Abu Jahal terhadap Nabi Muhammad SAW
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Muasailamah Al Kazzab.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas
tentang kisah Abu Lahab dana Abu Jahal
2. Siswa berlatih menjelaskan kekejaman Abu Lahab dan istrinya terhadap Nabi Muhammad SAW
3. Siswa berlatih menjelaskan kejahatan Abu Lahab terhadap Nabi Muhammad SAW
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan kepada siswa yang telah mengetahui kisah Abu Lahab dan Abu Jahal
F Memberikan cerita singkat dan menarik tentang bahan ajar yang akan disampaikan
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Beberapa siswa membacakan kisah Abu Lahab, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan kembali kisah Abu Lahab secara individu dan kelompok
F Siswa memberikan pendapat tentang kekejaman yang dilakukan Abu Lahab dan istrinya terhadap Nabi Muhammad SAW
F Beberapa siswa membacakan kisah Abu Jahal, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
F Siswa menceritakan kembali kisah Abu Jahal secara individu dan kelompok
F Siswa mengemukakan pendapat tentang kejahatan yang dilakukan Abu Jahal terhadap Nabi Muhammad SAW
F Siswa mengemukakan pendapat tentang sikap Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi kekejaman dan kejahatan Abu Lahab dan Abu Jahal
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang materi yang telah disampaikan
F Siswa diminta memberikan kesimpulan singkat dari materi yang telah dipelajari
Alat/Sumber belajar:
- Teks kisah Abu Lahab dan Abu jahal
- Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 NTR-Esis halaman
- Buku kisah-kisah Islami
- Kaset/CD kisah-kisah Islami
- Alquran (juz Amma)
- Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis |
Essay Essay |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 3. Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al Kazzab
Kompetensi Dasar : 3.2 Menceritakan perilaku Musailamah Al Kazzab
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1.Siswa dapat menjelaskan kebohongan dan kesombongan
Musailamah Al Kazzab
2. Siswa dapat menjelaskan kegagalan Musailah Al Kazzab
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al Kazzab.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas tentang kebohongan dan kesombongan Musailamah Al Kazzab
2. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Musailamah Al Kazzab
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Memberikan pertanyaan kepada siswa yang telah mengetahui kisah Musailamah Al Kazzab
F Menyampaikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaiakan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan yang diberikan oleh guru tentang materi yang akan dipelajari
F Beberapa siswa mebacakan kisah Musailamah Al Kazzab, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan kembali kisah Musailamah Al Kazzab
F Siswa mengemukakan pendapat tentang kebohongan dan kesombongan Musailamah Al Kazzab
F Siswa mengemukakan pendapat tentang kegaagalan Musailamah Al Kazzab
F Siswa menyebutkan usaha kaum muslimin dalam memerangi Musailamah Al Kazzab dan pengikutnya
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa diminta menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman
Alat/Sumber belajar:
- Teks kisah Musailamah Al Kazzab
- Buku Pendidikan Agama Islam.
- Buku kisah-kisah Islami
- Kaset/CD kisah-kisah Islami
- Alquran (juz Amma)
- Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis |
Jawaban singkat Essay |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 4. Menghindari perilaku tercela
Kompetensi Dasar : 4.1 Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1.Siswa dapat menjelaskan kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal
2.Siswa dapat menghindari perilaku dengki dalam kehidupan sehari-
hari
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Muasailamah Al Kazzab
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas
kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal
2. Siswa berlatih menyebutkan kerugian dari perilaku dengki
3. Siswa berlatih menghindari perilaku dengki dalam kehidupan sehari- hari
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar kisah Abu Lahab dan Abu Jahal yang telah dipelajari
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pemahaman mereka tentang perilaku dengki
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membacakan kisah singkat Abu Jahal dan Abu Lahab
F Siswa mengemukakan pendapat tentang kedengkian Abu Lahab dan Abu Jahal
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan contoh perilaku dengki dalam kehidupan sehari-hari
F Siswa menyebutkan kerugian yang ditimbulkan dari perilaku dengki
F Siswa menyebutkan cara menghindari perilaku dengki
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis 3 contoh perilaku dengki dalam kehidupan sehari-hari di buku tugas
F Guru membacakan kesimpulan singkat dari materi yang telah disampaikan
Alat/Sumber belajar:
- Teks kisah Abu Lahab dan Abu Jahal
- Ayat Alquran atau hadis yang berkaitan dengan bahan ajar
- Buku Pendidikan Agama Islam.
- Pengalaman guru
- Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis Tes tulis |
Essay Jawaban singkat Jawaban singkat |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 4. Menghindari perilaku tercela
Kompetensi Dasar : 4.2 Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kazzab
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan kebohongan dan keosmbongan
Musailamah Al Kazzab
2. Siswa dapat menghindari perilaku bohong dan sombong dalam kehidupan sehari-hari
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al Kazzab
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas kebohongan dan kesombongan Musailamah Al Kazzab
2. Siswa berlatih menyebutkan kerugian dari perilaku bohong dan sombong
3. Siswa berlatih menghindari perilaku bohong dan sombong dalam kehidupan sehari-hari
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar kisah Musailamah Al Kazzab yang telah dipelajari
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pemahaman mereka tentang perilaku bohong dan sombong
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membacakan kisah singkat Musailamah Al Kazzab
F Siswa mengemukakan pendapat tentang kebohongan dan kesombongan Musailamah Al Kazzab
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan kerugian yang ditimbulkan dari perilaku sombong dan dengki
F Siswa mengemukakan pendapat tentang cara menghindari perilaku bohong dan dengki
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa diminta menyimak dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman , dan menulisnya di buku tugas
Alat/Sumber belajar:
- Teks kisah Musailamah Al Kazzab
- Ayat Alquran atau hadis yang berkaitan dengan bahan ajar
- Buku Pendidikan Agama Islam
- Pengalaman guru
- Lingkungan sekitar
Penilaian :
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis Tes tulis |
Essay Jawaban singkat Jawaban singkat |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 5. Mengenal ibadah bulan Ramadan
Kompetensi Dasar : 5.1 Melaksanakan tarawih di bulan Ramadan
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat mempraktikkan/mengamalkan salat tarawih di bulan Ramadan
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Ibadah di bulan Ramadan
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengkaji gerakan dan bacaan salat tarawih, serta keutamaannya
2. Siswa berlatih mempraktikkan salat tarawih
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan seputar ibadah dan amal yang dilakukan siswa pada bulan Ramadan
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang disamppaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa diperkenalkan tentang materi salat tarawih
F Siswa memperhatikan gambar peraga salat tarawih
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan niat salat tarawih secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menghafal niat salat tarawih
F Siswa mempraktikkan salat tarawih secara klasikal, dan kelompok
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar masalah salat tarawih
F Siswa diminta menulis 3 manfaat dari salat tarawih di bulan Ramadan
Alat/Sumber belajar:
- Teks lafal niat salat tarawih
- Gambar peraga salat tarawih
- Buku Pendidikan Agama Islam
- Buku tatacara salat
- Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis |
Jawaban singkat |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 5. Mengenal ibadah bulan Ramadan
Kompetensi Dasar : 5.2 Melaksanakan tadarus Alquran
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat melaksanakan tadarus Alquran di bulan Ramadan
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Ibadah di bulan Ramadan.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas definisi tadarus Alquran
2. Siswa berlatih menyebutkan manfaat dari tadarus Alquran
3. Siswa melaksanakan tadarus Alquran di bulan Ramadan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang disampaikan
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar ibadah tadarus Alquran yang pernah mereka lakukan
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang disampaikan
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa mengemukakan pendapat menjelaskan definisi tadarus Alquran
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan keutamaan tadarus Alquran di bulan Ramadan
F Siswa menyebutkan manfaat tadarus Alquran
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa Siswa menyebutkan keutamaan tadarus Alquran di bulan Ramadan
F Siswa menyebutkan manfaat tadarus Alquran buku tugas
Alat/Sumber belajar:
- Ayat Alquran atau hadis yang berkaitan dengan bahan ajar
- Buku Pendidikan agama Islam jilid 6 NTR-Esis halaman
- Pengalaman guru
- Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis |
Jawaban singkat |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 6. Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar : 6.1 Membaca QS Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat membaca kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa dapat menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih membaca kata dan kaliamat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar
2. Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas hukum bacaan yang ada pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
3. Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
F Siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar mangikuti bacaan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang-ulang membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
F Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
F Siswa membaca Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan hukum bacaan yang benar
F Siswa menampilkan kemampuan membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat, makhraj, dan hukum bacaan yang benar di depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang hukum bacaan yang ada pada surah yang telah dipelajari
F Siswa diminta menulis Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 di buku tugas
Alat/Sumber belajar:
- Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 di karton
- Buku Tajwid
- Buku Pendidikan Agama Islam.
- Kaset/CD Alquran
- Alquran (juz Amma)
- Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes lisan Tes lisan |
Pelafalan Pelafalan |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 6. Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengartikan QS Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Alokasi Waktu : 6×35 menit (2x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat mengartikan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
2. Siswa dapat menerapkan arti/isi kandungan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih mengartikan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
2. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas arti/isi kandungan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Menyampaikan pengantar dari materi yang disampaikan melalui kisah dalam Sepenggal Kisah
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian yang disampaikan oleh guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan Surah Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 secara klasikal, kelompok, dan individu
F Siswa diperkenalkan arti kata per kata dan per kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
F Siswa mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa menampilkan kemampuan mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 di depan kelas
F Siswa mengemukakan pendapat tentang arti/isi pokok Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
F Siswa menghafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa diminta menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan yang ada di halaman, dan menulisnya di buku tugas
Alat/Sumber belajar:
- Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 beserta artinya di karton
- Buku Tajwid
- Buku Pendidikan Agama Islam.
- Kaset/CD Alquran
- Alquran (juz Amma)
- Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes lisan Tes tulis |
Pemaknaan Essay |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 7. Meyakini adanya qada dan qadar
Kompetensi Dasar : 7.1 Menunjukkan contoh-contoh qada dan qadar
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian qada dan qadar
2. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh qada dan qadar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Iman kepada qada dan qadar.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannnya membahas pengertian qada dan qadar
2. Siswa berlatih menyebutkan contoh-contoh qada dan qadar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Meminta pendapat siswa tentang masalah usia, rejeki, dan kematian seseorang.
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar
F Siswa mengemukakan pendapat tentang definisi qada dan qadar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan perbedaan qada dan qadar
F Siswa menyebutkan contoh-contoh qada dan qadar dari pengalaman hidup sehari-hari
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar penmahaman siswa tentang masalah pengertian qada dan qadar, dan contoh-contohnya.
F Siswa diminta memberi kesimpulan singkat dari materi yang disampaiakan
Alat/Sumber belajar:
- Ayat Alquran atau hadis yang berkaitan dengan bahan ajar
- Buku Pendidikan Agama Islam.
- Buku-buku lain yang relevan
- Pengalaman guru
- Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis |
Essay Pilihan ganda |
a. Qada’ b. Qadar c. Iman
|
|
Tes tulis |
Jawaban singkat |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 7. Meyakini adanya Qada dan Qadar
Kompetensi Dasar : 7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap qada dan qadar
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menyebutkan cara meyakini adanya qada dan qadar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Iman kepada qada dan qadar.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannnya membahas cara meyakini adanya qada dan qadar
2. Siswa berlatih menyebutkan cara meyakini adanya qada dan qadar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar
F Siswa diminta memberikan penjelasan tentang definisi qada dan qadar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengemukakan pendapat tentang cara meyakini adanya qada dan qadar
F Siswa mengemukakan pendapat tentang sikap mereka terhadap adanya qada dan qadar
F Siswa menyebutkan manfaat dari beriman terhadap qadar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa diminta menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman , dan menulisnya di buku tugas
Alat/Sumber belajar:
- Ayat Alquran atau hadis yang berkaitan dengan bahan ajar
- Buku Pendidikan Agama Islam.
- Buku-buku lain yang relevan
- Pengalaman guru
- Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis |
Jawaban singkat |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar
Kompetensi Dasar : 8.1 Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan kisah perjungan kaum Muhajirin
2. Siswa dapat menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Kisah kaum Muhajirin dan Ansar.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah kaum Muhajirin
2. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas kisah perjuangan kaum Muhajirin
3. Siswa berlatih menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan kepada siswa yang mengetahui kisah hijrahnya Nabi Muhammad SAW
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar
F Beberapa siswa diminta membacakan kisah kaum Muhajirin, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta menceritakan kembali kisah kaum Muhajirin menggunakan bahasa sendiri
F Siswa mengemukakan pendapat kisah perjuangan kaum Muhajirin bersama Rasulullah SAW
F Siswa menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis dengan singkat kisah perjuangan kaum Muhajirin di buku tugas
F Guru membacakan kesimpulan ringkas dari materi yang disampaikan
Alat/Sumber belajar:
1 Teks kisah kaum Muhajirin
2 Buku Pendidikan Agama Islam
3 Buku kisah-kisah Islami
4 Alquran (juz Amma)
5 Kaset/CD kisah-kisah Islami
6 Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis |
Essay Jawaban singkat |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar
Kompetensi Dasar : 8.2 Menceritakan perjuangan kaum Ansar
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan kisah perjungan kaum Ansar
2. Siswa dapat menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Kisah kaum Muhajirin dan Ansar
Metode Pembelajaran : 1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah kaum Ansar
2. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas kisah perjuangan kaum Ansar
3. Siswa berlatih menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Memberikan pertanyaan kepada siswa yang mengetahui kisah hijrahnya Nabi ke Madinah
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar
F Beberapa siswa diminta membacakan kisah kaum Ansar, sedangkan siswa yang lain mendengarkan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta menceritakan kembali kisah kaum Ansar menggunakan bahasa sendiri
F Siswa mengemukakan pendapat kisah perjuangan kaum Ansar menolong Rasulllah SAW dan kaum Muhajirin
F Siswa menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar dalam mewujudkan persaudaraan dengan kaum Muhajirin
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa memberikan kesimpulan kisah dari Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa menyimak dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman, dan menulisnya di buku tugas
Alat/Sumber belajar:
1 Teks kisah kaum Ansar
2 Buku Pendidikan Agama Islam.
3 Buku kisah-kisah Islami
4 Alquran (juz Amma)
5 Kaset/CD kisah-kisah Islami
6 Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis |
Essay Jawaban singkat |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan periklaku terpuji
Kompetensi Dasar : 9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam lingkungan sehari-hari di lingkungan peserta didik
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan kisah kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan yang lebih baik
2. Siswa dapat meneladani kegigihan usah-usaha kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan sehari-hari yang lebih baik
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Membiasakan perilaku terpuji.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan yang lebih baik
2. Siswa menelaah manfaat dari sifat gigih dalam kehidupan sehari-hari
3. Siswa meneladani sifat gigih kau Muhajirin pada praktik keseharian
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pengetahuan mereka tentang kisah kaum Muhajirin
F Meminta pendapat siswa tentang definisi sifat gigih berdasarkan pengetahuan mereka
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membacakan kisah kaum Muhajirin
F Beberapa siswa diminta untuk memberikan kesimpulan singkat dari kisah kaum Muhajirin
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengemukakan pendapat tentang kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan yang lebih baik
F Siswa memberikan contoh sifat gigih dalam kehidupan sehari-hari
F Siswa meneyebutkan manfaat dari sifat gigih
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis kerugian dari sifat mudah putus asa dan keuntungan dari sifat gigih masing-masing 3 di buku tugas
F Guru memberikan kesimpulan ringkas dari materi yang disampaikan
Alat/Sumber belajar:
- Teks kisah kaum Muhajirin
- Buku Pendidikan Agama Islam.
- Buku kisah-kisah Islami
- Ayat Alquran atau hadis yang menerangkan sifat gigih
- Kaset/CD kisah-kisah Islami
- Pengalaman guru
- Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis |
Essay Pilihan ganda |
a. Hijaz b. Taif c.Madinah
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan periklaku terpuji
Kompetensi Dasar : 9.2 Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Ansar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan kisah perilaku tolong-menolong kaum Ansar
2. Siswa dapat meneladani sifat tolong-menolong kaum Ansar dalam terbentuknya Ukhuwah Islamiyah
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Membiasakan perilaku terpuji
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya membahas perilaku tolong-menolong kaum Ansar
2. Siswa menelaah manfaat dari sifat tolong-menolong dalam kehidupan sehari-hari
3. Siswa meneladani sifat tolong-menolong kaum Ansar dalam praktik keseharian
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pengetahuan mereka tentang kisah kaum Ansar
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membacakan kisah kaum Ansar
F Beberapa siswa diminta untuk memberikan kesimpulan singkat dari kisah kaum Ansar
F Siswa mengemukakan pendapat tentang perilaku tolong-menolong kaum Ansar terhadap kaum Muhajirin
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memberikan contoh sifat tolong-menolong berdasarkan pengalaman mereka dalam kehidupan sehari-hari
F Siswa meneyebutkan manfaat dari sifat tolong-menolong
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa diminta menyimak dan memahami bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa diminta mengerjakan latihan yang ada di halaman , dan menulisnya di buku tugas
Alat/Sumber belajar:
- Teks kisah kaum Ansar
- Buku Pendidikan Agama Islam.
- Buku kisah-kisah Islami
- Ayat Alquran atau hadis yang menerangkan sifat tolong-menolong
- Kaset/CD kisah-kisah Islami
- Pengalaman guru
- Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis |
Essay Jawaban singkat |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 10. Mengetahui kewajiban zakat
Kompetensi Dasar : 10.1 Menyebutkan macam-macam zakat
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat
2. Siswa dapat menyebutkan macam-macam zakat
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Hal Zakat(lihat buku Pendidikan Agama.
Esis bab 10 halaman )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dengan teman-temannya
membahas pengertian zakat
2. Siswa berlatih menyebutkan macam-macam zakat
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang dihafal siswa
F Memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pengertahuan tentang zakat
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa mengemukakan pendapat tentang pengertian zakat
F Siswa diperkenalkan macam-macam zakat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan macam-macam zakat secara klasikal, kelompok dan individu
F Siswa diperkenalkan materi tentang orang-orang yang berhak menerima zakat (mustahiq)
F Siswa menyebutkan orang-orang yang berhak menerima zakat secara klasikal, kelompok dan individu.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang definisi zakat dan macam-macam zakat
F Guru membacakan kesimpulan ringkas dari materi yang disampaikan
Alat/Sumber belajar :
- Ayat Alquran atau hadis yang menerangkan masalah zakat
- Buku Pendidikan Agama Islam.
- Buku fiqih atau buku-buku lain yang relevan
- Pengalaman guru
- Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis |
Essay Jawaban singkat |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 10. Mengetahui kewajiban zakat
Kompetensi Dasar : 10.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah
Alokasi Waktu : 3×35 menit (1x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian zakat fitrah
2. Siswa dapat menyebutkan ketentuan zakat fitrah
3. Siswa dapat melaksanakan zakat fitrah
4. Siswa dapat menyebutkan manfaat zakat fitrah
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).
Materi Pembelajaran : Hal Zakat(lihat buku Pendidikan Agama Islam.
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan diskusi dan Tanya jawab dengan teman-temannya membahas pengertian zakat fitrah dan ketentuannya
2. Siswa berlatih menyebutkan ketentuan zakat fitrah
3. Siswa menyebutkan manfaat zakat fitrah
4. Siswa melaksanakan kewajiban zakat fitrah
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Mengkorelasikan materi sebelumnya dengan bahan ajar yang akan disampaikan
F Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang zakat fitrah yang dikeluarkan orangtua mereka
F Menyampaikan pengantar dari bahan ajar yang akan disampaikan (melalui kisah dalam Sepenggal Kisah)
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan memahami penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa menegemukakan pendapat tentang definisi zakat fitrah
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diperkenalkan tentang ketentuan zakat fitrah
F Siswa menyebutkan ketentuan zakat fitarah secara klasikal, kelompok, dan individu
F Siswa menyebutkan manfaat dari zakat fitrah
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas yang ada di halaman
F Siswa menyimpulkan kisah dalam Sepenggal Kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa mendengarkan dan menyimak bacaan intisari yang dibacakan guru
F Siswa mengerjakan latihan yang ada di halaman , dan menulisnya di buku tugas
Alat/Sumber belajar:
- Ayat Alquran atau hadis yang menerangkan masalah zakat fitrah
- Buku Pendidikan Agama Islam.
- Buku fiqih atau buku-buku lain yang relevan
- Pengalaman guru
- Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis |
Essay Jawaban singkat Pilihan ganda Jawaban singkat |
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP/NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP/NIK : |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tulis komentar, kesan, pesan, kritik dan saran. juga jangan lupa untuk mampir kembali di blog ini, salam.