RPP KLS 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : …………………………..
Kelas / Semester : II / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar Kompetensi : 1. Menghafal Alquran
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengenal huruf Hijaiah
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2 ´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat melafalkan huruf Hijaiah dengan benar
- Siswa dapat menunjukkan hafal huruf Hijaiah
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran :
- Huruf Hijaiah.
Metode Pembelajaran:
- Siswa berlatih melafalkan huruf Hijaiah secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
- Guru memberikan penjelasan tentang makhraj huruf Hijaiah
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
F Apersepsi : menghafalkan huruf Hijaiah
F Motivasi :menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf Hijaiah secara klasikal
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf Hijaiah secara kelompok
F Siswa menghafalkan huruf Hijaiah secara individu
F Siswa tampil ke depan kelas menghafalkan huruf Hijaiah dengan benar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis huruf-huruf Hijaiah di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2. Buku tajwid
3. Alquran (juz amma)
4. Buku pendidikan agam islam.
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset dan CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes lisan Tes lisan |
Hafalan Hafalan Uraian |
a. angka tiga terbalik b.mata pancing c. toge
a. ta b. ţa c. dad
a. ف b. ق c. ك
a. kaf nun b. kaf ya’ c. kaf mim
a. س ن b. س ج c. س ت
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………………………….
Kelas / Semester : II/ 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar Kompetensi : 1. Menghafal Alquran
Kompetensi Dasar : 1.2Mengenal tanda baca (harakat)
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat melafalkan huruf Hijaiah berharakat:
- fatah
- kasrah
- damah
- tanwin
- sukun
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran :
- Harakat .
Metode Pembelajaran :
- Siswa berlatih melafalkan huruf Hijaiah berharakat secara bersama-sama dan kelompok mengikuti bacaan guru.
- Siswa menampilkan kemampuannya melafalkan huruf-huruf Hijaiah berharakat secara individu di depan kelas
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
F Apersepsi : Guru memperkenalkan bahan ajaran mengenai tanda baca (harakat)
F Motivasi : Siswa menyebutkan kembali huruf-huruf Hijaiah secara klasikal
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf-huruf Hijaiah berharakat secara bersama-sama dan kelompok
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memperaktikkan pelafalan huruf-huruf Hijaiah berharakat secara individu di depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan dan ditulis di buku tugas serta dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
F Siswa memahami bacaan intisari
Alat / Sumber Belajar :
1. Tulisan tanda baca (harakat) di karton atau papan tulis
2. Tulisan huruf Hijaiah berharakat di karton atau papan tulis
3. Buku tajwid
4. Buku pendidikan Agama Islam
5. Buku-buku lain yang relevan
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes lisan |
Uraian |
a. auna b. ina c. aina
a. كِيْفَ b. كَيْفَ c. كُوْفَ
a. jaufa b. jaifa c. jufa
a.yuma b. yaima c. yauma
a. لَوْحَ b. لَوْزَ c. لَوْرَ
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II/ 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar : 2.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat menyebutkan lima dari Asmaul Husna
- Siswa dapat menghafal lima Asmaul Husna
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Asmaul Husna .
Metode Pembelajaran :
- Siswa berlatih menyebutkan lima dari Asmaul Husna secara bersama-sama dan kelompok
- Siswa berlatih menghafalkanlimadari Asmaul Husna
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
F Mengupas secara singkat tentang kebesaran Allah
F Mengajukan pertanyaan untuk siswa yang telah mengetahui beberapa sifat Allah
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafalkanlimadari Asmaul Husna secara individu
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan lima dari Asmaul Husna secara bersama-sama dan kelompok
F Siswa menampilkan hafalannya di depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru melakukan tanya jawab tentang materi yang diajarkan pada pertemuan tersebut.
Alat / Sumber Belajar :
1. TulisanlimaAsmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti darilimaAsmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Buku Pendidikan Agama Islam
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes lisan
Tes lisan
|
Pelafalan
Hafalan
|
Gambar di samping mencerminkan asma Allah SWT .… a. Ar-Rahman b. Al-Ahad c. Al-Malik
a. b.
c.
a. Al-Malik b. As-Samad c. Al-Ahad
Gambar di atas bertentangan dengan asma Allah SWT .…
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II/ 1
Standar Kompetensi : 2. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar : 2.2 Mengertikan lima Asmaul Husna
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat mengertikan lima dari Asmaul Husna
- Siswa dapat memahami lima dari Asmaul Husna
- Siswa dapat hafallimadari Asmaul Husna beserta artinya
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Asmaul Husna .
Metode Pembelajaran :
- Siswa berlatih mengartikanlimadari Asmaul Husna secara klasikal dan kelompok
- Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman mereka tentanglimadari Asmaul Husna
- Siswa menghafalkan artilimadari Asmaul Husna
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
F Siswa menyebutkan kembli darilimaAsmaul Husna yang telah dihafal
F Guru memperkenalkan bahan ajaran artilimadari Asmaul Husna (melalui kisah sepengal kisah)
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafalkanlimaAsmaul Husna dan artinya secara individu
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengartikanlimadari Asmaul Husna secara berkelompok dan klasikal
F Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bahan ajar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melaksanakan aktivitas
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah
F menggunakan bahasa sendiri
F Siswa memahami bacaan intisari
F Guru memberi tugas serta dikumpulkan pad pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar:
1. TulisanlimaAsmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti darilimaAsmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Buku Pendidikan Agama Islam.
3. Pengalaman guru
4. ingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian Target |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis Tes tulis |
Jawaban singkat Hafalan Esay Pilihan ganda |
a. ijin b. pertolongan c. maaf
a. marah b. diam c. sabar
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II/ 1
Standar Kompetensi : 2. Mencontoh prilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.1 Menampilkan perilaku rendah hati
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat menjelaskan perilaku rendah hati
- Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku rendah hati
- Siswa dapat menerapkan perilaku rendah hati
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Rendah hati .
Metode Pembelajaran :
- Siswa mengadakan diskusi tentang perilaku rendah hati dengan teman-temannya
- Siswa berlatih memberikan contoh-contoh perilaku rendah hati
- Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang manfaat dari perilaku rendah hati
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Memberikan nasihat tentang pentingnya bersikap rendah hati (melalui Mutiara Islam )
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memperhatikan uraian dan penjelasan guru tentang bahan ajaran yang sedang dipelajari
F Siswa memberikan komentar, usulan, pengalaman menarik tentang teman, orang lain yang rendah hati
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memberikan contoh sikap rendah hati
F Siswa menyebutkan beberapa keuntungan orang yang rendah hati dan kerugian orang yang sombong
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa diminta menyimpulkan hasil aktivitas menggunakan bahasa sendiri
Alat / Sumber Belajar:
1. Bahan cerita tentang para sahabat Nabi Muhammad yang rendah hati
2. Potongan karton yang bertuliskan contoh sikap rendah hati dan sikap sombong untuk dipisah-pisahkan, mana yang termasuk sikap rendah hati
3. Buku Pendidikan Agama Islam.
4. Alquran (juz Amma)
5. Pengalaman guru atau pribadi siswa
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis Tes tulis |
Esay Pilihan ganda Jawaban singkat |
a. banyak hartanya b. cantik rupanya c. baik budi pekertinya
a.rendag hati b. rendah diri c. rendah kaki
a.sedih b. rukun c. senang
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi : 3. Mencontoh perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.2 Menampilkan perilaku hidup sederhana
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat menjelaskan pengertian hidup sederhana
- Siswa dapat menunjukkan contoh hidup sederhana
- Siswa dapat menerapkan hidup sederhana
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Hidup sederhana .
Metode Pembelajaran :
- Siswa mengadakan diskusi tentang perilaku hidup sederhana dengan teman-temannya
- Siswa berlatih memberikan contoh-contoh perilaku hidup sederhana
- Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang manfaat dari perilaku hidup sederhana
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
F Memberikan nasihat tentang pentingnya bersikap rendah hati (melalui Mutiara Islam )
F Cerita menarik tentang sikap hidup sederhana
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memperhatikan uraian dan penjelasan guru tentang bahan ajaran yang sedang dipelajari
F Siswa memberikan komentar, usulan, pengalaman menarik tentang teman, orang lain yang berperilaku hidup sederhana
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memberikan contoh sikap hidup sederhana
F Siswa menyebutkan beberapa keuntungan orang yang hidup sederhana
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melaksanakan aktivitas yang ada di halaman 26 dan 28
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar peraga penampilan sikap sederhana
2. Teks cerita singkat tentang sikap hidup sederhana para sahabat Nabi
3. Buku Pendidikan Agama Islam.
4. Alquran (Juz Amma)
5. Pengalaman guru atau pribadi siswa
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis |
Esay Pilihan ganda Esay Jawaban singkat |
a. perilaku bersahaja b. berlebih-lebihan c. bermewah-mewah
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi : 3. Mencontoh perilaku terpuji
Kompetensi Dasar : 3.3 Menampilkan adab buang air besar dan kecil
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat menunjukkan adab buang air besar dan kecil
- Siswa dapat menjelaskan tata cara melakukan buang air besar dan kecil dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Adab buang air .
Metode Pembelajaran :
- Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang tata cara buang air besar dan kecil
- Siswa berlatih menunjukkan adab buang air besar dan kecil
- Siswa menghafal doa masuk dan keluar kamar kecil
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Cerita singkat tentang hidup bersih
F Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan memahami uraian guru tentang pentingnya adab buang air besar dan kecil
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa secara berkelompok atau sendiri menceritakan pengalamannya bagaimana tata cara yang baik apabila buang air
F Siswa secara berkelompok atau sendiri-sendiri menjelaskan tata cara melakukan buang air besar dan kecil dengan benar
F Siswa menghafalkan doa ketika masuk dan keluar kamar mandi secara berkelompok
F Siswa tampil secara sendiri-sendiri untuk menghafalkan doa ketika masuk dan keluar kamar kecil
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa memahami bacaan intisari
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar peraga
2. Lafal doa ketika masuk dan keluar kamar kecil di karton atau papan tulis
3. Buku Pendidikan Agama Islam.
4. Alquran (juz Amma)
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis |
Esay Esay |
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi : 4. Mengenal tata cara wudu
Kompetensi Dasar : 4.1 Membiasakan wudu dengan tertib
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat menjelaskan tata cara wudu yang benar
- Siswa dapat menyebutkan urutan berwudu
- Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudu
- Siswa dapat mempraktikkan berwudu dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Wudu .
Metode Pembelajaran :
- Siswa berlatih menyebutkan urutan berwudu.
- Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang berkaitan wudu dan yang membatalkannya
- Siswa berlatih mempraktikkan wudu dengan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Pengenalan tentang beberapa macam bersuci termasuk wudu
F Memberikan bahan ajar secara menarik melalui pengalaman siswa atau kisah yang relevan
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memahami hal-hal yang berkaitan dengan wudu dan yang membatalkannya
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menghafalkan niat wudu secara klasikal dan individu
F Siswa mengenal dan memahami tata cara berwudu
F Siswa mempraktikkan cara berwudu dengan benar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang urutan-urutan berwudu
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang dapat membatalkan wudu
Alat / Sumber Belajar:
1. Alat dan tempat berwudu
2. Gambar peraga orang berwudu serta urutannya
3. Lafal niat wudu di karton atau papan tulis
4. Buku Pendidikan Agama Islam.
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes praktik
|
Esay Jawaban singkat Jawaban singkat Praktik Pilihan ganda Esay Jawaban singkat |
a. besar b. sedang c. kecil
a. 4 b. 5 c. 6
a. terakhir b. pertengahan c. pertama
a. rukun b. sunah c. batal
Gambar di samping termasuk……………….wudu
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi : 4. Mengenal tata cara wudu
Kompetensi Dasar : 4.2 Membaca doa setelah berwudu
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat melafalkan doa setelah berwudu
- Siswa dapat menghafal dan mempraktikkan doa setelah berwudu
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Doa setelah wudu .
Metode Pembelajaran :
- Siswa melafalkan doa setelah berwudu secara klasikal dan kelompok
- Siswa menghafalkan doa setelah berwudu secara kelompok dan individu
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Memberikan bahan ajaran melalui cerita yang menarik (melalui Mutiara Islam )
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menampilkan hafalannya di depan kelas secara sendiri-sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan doa setelah berwudu secara klasikal dan kelompok
F Siswa menghafalkan doa setelah berwudu secara kelompok dan individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah
F menggunakan bahasa sendiri
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa diberi tugas mengerjakan latihan untuk ditulis di
F buku tugas serta hasilnya dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal doa setelah berwudu di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes lisan
Tes lisan |
Pelafalan Hafalan Pilihan ganda Esay Jawaban singkat |
a. terakhir b. pertengahan c. pertama
a. rukun b. sunah c. batal
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi : 5. Mengenal bacaan salat
Kompetensi Dasar : 5.1 Melafalkan bacaan salat
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat melafalkan bacaan salat dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Bacaan salat .
Metode Pembelajaran :
- Siswa melafalkan bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
- Pembahasan singkat pengalaman siswa tentang pengalaman pelajaran yang lalu
- Memperkenalkan pokok-pokok bahan ajaran yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan bacaan salat secara klasikal mengikuti bacaan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan bacaan salat secara kelompok
F Siswa melafalkan bacaan salat secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang bacaan-bacaan salat
Alat / Sumber Belajar:
1. Lafal bacaan salat pada karton atau papan tulis
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes lisan
|
Pelafalan Pilihan ganda Esay Jawaban singkat |
a. subuh b. zuhur c. asar
a. ‘afait b. hadait c. a’fait
a. fîmā b. syarramā c. fîman
a. ‘afait b. qadait c. ‘alaik
a. tawalait b. kadait c. qadait
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 1
Standar Kompetensi : 5. Mengenal bacaan salat
Kompetensi Dasar : 5.2 Menghafal bacaan salat
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat hafal bacaan salat dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Bacaan salat .
Metode Pembelajaran :
- Siswa menghafal bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Pembahasan singkat tentang materi bacaan salat sebelumnya
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal bacaan salat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menghafal bacaan salat secara berkelompok
F Siswa menghafal bacaan salat secara individu
F Siswa menampilkan hafalan bacaan salat di depan kelas
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan serta ditulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal bacaan salat di karton atau papan tulis
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam.
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes lisan
|
Hafalan Pilihan ganda Esay Jawaban singkat |
Fainnahū laayadzillu man ………..
Walā ya’izzu man ‘………………
Tabārakta rabbanā wata’ ………….
Falakal hamdu ‘alā mā ……….
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 6. Membaca dan menulis huruf Alquran
Kompetensi Dasar : 6.1 Membaca huruf Hijaiah bersambung
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat mengenal huruf Hijaiah bersambung
- Siswa dapat membaca huruf Hijaiah bersambung
- Siswa dapat memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Huruf hijaiah bersambung .
Metode Pembelajaran :
- Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang huruf Hijaiah bersambung
- Siswa berlatih membaca huruf Hijaiah bersambung
- Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang bentuk perubahan huruf Hijaiah
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Siswa menyebutkan kembali huruf Hijaiah yang telah mereka hafal
F Guru mengenalkan bahan ajaran kepada siswa mengenai huruf Hijaiah bersambung
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang huruf Hijaiah bersambung dan bentuk-bentuknya
F Siswa mengenal tentang huruf Hijaiah bersambung
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membaca huruf Hijaiah bersambung secara klasikal dan kelompok mengikuti bacaan guru
F Siswa memahami tentang bentuk perubahan huruf Hijaiah
F Siswa menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan bahan ajar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa diminta menulis bentuk-bentuk perubahan huruf Hijaiah di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2. Tulisan lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
3. Buku tajwid
4. Buku Pendidikan Agama Islam.
5. Alquran
6. Kaset dan CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes lisan
Tes tulis |
Pilihan ganda Pelafalan
Jawaban singkat Pilihan ganda Esay Jawaban singkat |
a. ي ن ر b. ي ن ص c. À Ç à è
a. 10 kebaikan b. 20 kebaikan c. 30 kebaikan
a. بَرَضَ b. ضَرَبَ c. رَبَضَ
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 6. Membaca dan menulis huruf Alquran
Kompetensi Dasar : 6.2 Menulis huruf Hijaiah bersambng
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung
- Siswa dapat mempraktikkan menulis huruf Hijaiah bersambung
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran : Huruf hijaiah bersambung .
Metode Pembelajaran : 1. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya
tentang cara menulis huruf hijaiah bersambung
2. Siswa berlatih menulis huruf Hijaiah bersambung
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Cerita singkat dari pengetahuan siswa tentang bahan ajar yang lalu
F Memperkenalkan bahan ajar kepada siswa tentang cara menulis huruf Hijaiah bersambung
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa memahami tentang cara menulis huruf Hijaiah
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mempraktikkan menulis huruf Hijaiah
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa memahami bacaan intisari
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2. Tulisan lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
3. Buku tajwid
4. Buku Pendidikan Agama Islam
5. Alquran (Juz Amma)
6. Kaset dan CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis |
Jawaban singkat Pilihan ganda Esay Jawaban singkat |
a. ummihī b. umihī c. ummihi
a. ū b. ī c. ā
a. tanda mad fattah b. tanda mad kasrah c. tanda mad dammah
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 7. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar : 7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat menyebutkan lima dari Asmaul Husna dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Asmaul Husna .
Metode Pembelajaran :
- Siswa menyebutkanlimadari Asmaul Husna secara klasikal, kelompok dan individu
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
F Mengupas secara singkat tentang kebesaran Allah
F Mengajukan pertanyaan untuk siswa yang telah mengetahui beberapa sifat Allah
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa secara klasikal menyebutkan lima dari Asmaul Husna mengikuti bacaan guru
F Siswa secara berkelompok menyebutkan lima dari Asmaul Husna
F Siswa secara individu menyebutkan lima dari Asmaul Husna
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis lima dari Asmaul Husna di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam
3. Buku-buku lain yang relevan
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis |
Pelafalan Pilihan ganda Esay Jawaban singkat |
“Sesungguhnya Allah SWT mempunyai 99 nama, barangsiapa hafal ( membaca tiap hari ) masuk surga” (H.R.Tirmizi) di antara 99 nama Allah SWT itu ada 5 yang harus kita tahu yaitu SebutkanlimaAsmaul Husna!
a. As-Sami’ b. As-salam c. Al-basir
a. As salam b. al-khaliq c. as-sami’
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 7. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar : 7.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat mengartikan lima dari Asmaul Husna
- Siswa dapat hafal lima Asmaul Husna beserta artinya
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Asmaul Husna .
Metode Pembelajaran :
- Siswa berlatih mengartikanlimadari Asmaul Husna
- Siswa menghafallimadari Asmaul Husna beserta artinya
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F Uraian singkat siswa tentang pengetahuan mereka dari pelajaran yang lalu
F Mengenalkan bahan ajaran kepada siswa mengenai arti dari lima Asmaul Husna
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna secara klasikal
F Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna secara berkelompok
F Siswa menghafal lima dari Asmaul Husna secara berkelompok
F Siswa menghafal lima dari Asmaul Husna beserta artinya secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang bahan ajar kepada siswa
F Siswa memahami bacaan intisari
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar:
1. TulisanlimaAsmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti darilimaAsmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Buku Pendidikan Agama.
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis Tes unjuk kerja |
Jawaban singkat Hafalan Praktik Pilihan ganda Esay Jawaban singkat |
a. al-khaliq b. al-basir c. as-sami’
a. al-basir b. al-khaliq c. as-sami’
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 8. Membiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensi Dasar : 8.1 Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada
orangtua dan guru
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat menjelaskan tata cara hormat kepada orangtua dan guru
- Siswa dapat menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru
- Siswa dapat membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Hormat dan santun kepada orangtua dan guru .
Metode Pembelajaran :
- Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang tata cara hormat kepada orangtua dan guru
- Siswa berlatih memberikan contoh cara menghormati orangtua dan guru
- Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang cara menghormati orangtua dan guru berdasarkan pengalaman mereka sehari-hari
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
F Mengupas singkat tentang jasa-jasa orangtua dan guru
F Memperkenalkan bahan ajar melalui mutiara Islam atau cerita menarik yang berkaitan dengan bahan ajar
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memahami bagaimana cara untuk menghormati orangtua dan guru
F Siswa memberikan contoh tentang perbuatan yang baik dilakukan untuk kedua orangtua dan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa secara berkelompok dan individu menghafal doa untuk kedua orangtua beserta artinya
F Menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan bahan ajar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis contoh cara menghormati orangtua dan guru masing-masing lima dan tulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar peraga tentang anak yang berbakti kepada orangtua dan hormat kepada guru
2. Teks cerita tentang akibat anak yang durhaka kepada orangtua (cerita sahabat Nabi yang bernama Al Qomah atau lainnya)
3. Buku Pendidikan Agama Islam.
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis Tes tulis |
Esay Jawaban singkat Jawaban singkat Pilihan ganda Esay |
a. dokter b. guru c. bapak atau ibu
a. hormati b. biarkan c. benci
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ……………………………
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 8. Membiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensi Dasar : 8.2 Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
- Siswa dapat membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Sopan dan santun terhadap tetangga .
Metode Pembelajaran :
- Siswa berlatih menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
- Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang adab terhadap tetangga dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan terhadap tetangga
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
F Cerita singkat tentang pengalaman siswa dari bahan ajar yang lalu
F Mengenalkan bahan ajar melalui cerita menarik dalam sepenggal kisah dan dari Hadis/ayat Alquran yang berkaitan dengan ajar (melalaui Mutiara Islam )
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
F Siswa memberikan pendapat, komentar tentang adab bertetangga dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan terhadap tetangga
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan dan ditulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar: :
1. Gambar peraga tentang adab bertentangga
2. Teks cerita tentang adab bertentangga (cerita perilaku Nabi Muhammad SAW tehadap para Tetangga)
3. Buku Pendidikan Agama Islam
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes tulis |
Jawaban singkat Jawaban singkat Pilihan ganda Esay Jawaban singkat |
a. hilangkan b. muliakan c. singkirkan
a. guru b. dokter c. tetangga
a. tolong-menolong b. membelakangi c. menjauhi
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : …………………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi Dasar : 9.1 Mencontoh gerakan salat
Alokasi Waktu : 3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat menunjukkan gerakan salat dengan tertib
- Siswa dapat mempraktikkan gerakan salat dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Salat .
Metode Pembelajaran :
- Siswa mengadakan diskusi dengan temannya tentang gerakan-gerakan salat dari gambar peraga
- Siswa berlatih menunjukkan gerakan salat
- Siswa mempraktikkan gerakan salat dengan benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
F Pembahasan singkat pengalaman siswa yang telah melaksanakan salat
F Memperkenalkan pokok-pokok bahan ajaran yang akan dipelajari
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar dan gambar peraga
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih melakukan gerakan salat bersama teman satu kelas kemudian satu kelompok
F Siswa melakukan gerakan salat secara individu
F Siswa melaksanakan tugas dari guru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan yang ada di untuk ditulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar peraga salat
2. Lafal bacaan salat
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam.
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes tulis Tes praktik |
Jawaban singkat Praktik Pilihan ganda
Esay Jawaban singkat |
a. dua orang b. tiga orang c. empat orang.
a. ustadz b. imam c. makmum
a. orang islam b. jamaah c. makmum
Artinya :
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. 2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi Dasar : 9.2 Mempraktikkan salat secara tertib
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran** :
- Siswa dapat melaksanakan salat dengan sempurna
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
- Salat .
Metode Pembelajaran :
- Siswa berlatih menyerasikan gerakan salat dan bacaan salat
- Siswa mempraktikkan salat dengan gerakan dan bacaan salat secara sempurna
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
F Guru mengingatkan kembali pentingnya salat sebagai seorang muslim
F Siswa menghafal bacaan salat yang telah dipelajari
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal bacaan salat secara bersama-sama dan sendiri-sendiri
F Siswa menghafal gerakan salat secara bersama-sama dan sendiri-sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memperaktikkan keserasian bacaan salat dan gerakan salat di atas secara bersama-sama, kemudian mempraktikkan secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan
Alat / Sumber Belajar:
1. Lafal bacaan salat
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Kelas/ruangan/mushala
4. Perlengkapan salat
5. Buku tata cara salat
6. Buku Pendidikan Agama Islam
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
Tes praktik |
Praktik |
a. 47 derajat b. 37 derajat c. 27 derajat
a. laki-laki b. perempuan c. orang tua
|
Format Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1. |
Konsep |
* semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah |
4 3 2 1 |
2.Performansi
No. |
Aspek |
Kriteria |
Skor |
1.
2. |
Kerjasama
Partisipasi |
* bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif |
4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No |
Nama Siswa |
Performan |
Produk |
Jumlah Skor |
Nilai |
|
Kerjasama |
Partisipasi |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. |
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SD/MI ………………………
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
|
…….……..,…………………20……. Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________) NIP / NIK : ……………………… |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tulis komentar, kesan, pesan, kritik dan saran. juga jangan lupa untuk mampir kembali di blog ini, salam.